Sabtu, 30 April 2016

Ritual Pembangkitan Mayat di Toraja yang menghebohkan Netizen



Ada berbagai macam keunikan yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satunya ya tradisi atau adat istiadat yang unik sekaligus menyeramkan dari Tana Toraja ini.

Tradisi uniknya adalah warga Toraja selalu melestarikan tradisi nenek moyangnya yang bernama Ma’nene. Tradisi Ma’nene ini adalah jasad orang mati yang kemudian dikeluarkan dari kuburnya kemudian dihidupkan kembali seperti orang yang masih hidup.

Mayat yang dibangkitkan kembali itu dibungkus ulang dengan lembaran kain baru yang diberikan oleh masing-masing anak cucunya.

Memang unik, tapi sangat menyeramkan. Banyak netizen yang mengomentari foto-foto yang tersebar di Internet.

“Budaya ini memang benar adanya. Konon mereka dibangunkan atas bantuan jin sehingga bisa berjalan layaknya orang hidup,”

tapi ini tuh beneran ‘kan? masa’ sih mayat yg udah beneran mati bisa hidup lagi? atau kalo sekiranya kesurupan setan, masa’ iya sih bisa ke dalam jasad orang mati? atau mungkin ini sebenernya mayat yg sengaja digerakkan oleh seseorang seperti halnya wayang gitu?! entahlah. bingung guwa,”

Td saya syok sekali krna prtama kali tau ini, saya bertanya2 dgn dri sndiri, Apkh ini masuk akal, akhirnya sy mikir lg bahwa ini adlh adat yg unik, ga ad hub. Sma agama apapun. Ga usah menanggapi negatif, bangga dgn keunikan Toraja.

Kamu mau lihat seperti apa foto-foto mayat yang dibangkitkan kembali dan dipakaikan baju seperti orang yang masih hidup, inilah dia foto-fotonya..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!