Kamis, 21 April 2016

Fakta RA KARTINI Mendunia

Raden Ajeng Kartini

RA Kartini atau Raden Ajeng kartini adalah Tokoh Fenomenal Dari Indonesia Beliau dikenal karena Mengangkat Derajat Wanita Indonesia dan Tokoh emansipasi wanita serta pejuang Penjajahan yang berasal Dari Jepara. Ternyata Sosok Kartini Yang sangat Fenomenal itu tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di dunia Internasional 

Berikut bukti Kartini mendunia

Utrecht
Jalan RA Kartini terletak di kawasan tenang dengan perumahan apik dan kebanyakan dihuni kalangan menengah. Jalan utama ini berbentuk ‘U’ yang ukurannya lebih besar dibanding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Chez Geuvara, Agostinho Neto.
Venlo
Di Venlo, Belanda Selatan, RA Kartinistraat berbentuk ‘O’ di kawasan Hagerhof, di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.
Amsterdam
Amsterdam, ibukota Belanda, juga mengabadikan nama penjuang hak-hak perempuan Jawa di abad 17 itu. Wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, Jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya adalah nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah: Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.
Haarlem
Paling menarik mengamati letak jalan Kartini di Haarlem. Di sana Jalan RA Kartini berdekatan dengan Jalan Mohammed Hatta, Jl Sutan Sjahrir dan langsung tembus ke Jalan Chris Soumokil, presiden kedua Republik Maluku Selatan (RMS).  Di Belanda, tanggal 21 April tidak ubahnya dengan hari-hari lainnya. Pasangan Peters yang tinggal di Kartinistraat di Utrecht tahu bahwa Kartini adalah seorang Jawa yang berjuang untuk persamaan hak wanita.
Mereka juga tahu bahwa Kartini adalah wanita Jawa pertama yang menuntut pendidikan yang lebih tinggi. Ia menyayangkan bahwa Kartini meninggal pada usia yang terlalu muda yakni 25 tahun.
RA KArtini
Itu tadi beberapa Fakta bahwa RA Kartini tidak hanya dikenal di dalam negeri tapi juga di manca negara, Kita sebagai Bangsa Indonesia  seharusnya  bangga punya sosok Figur beliau yang dikenal luas karena jasanya, Oleh karena itu  kita sebagai bangsa indonesia  Berkewajiban untuk  meneruskan cita cita luhur bangsa ini khususnya cita cita luhur RA KARTINI terhadap wanita  Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!