Rabu, 13 April 2016

PERAN LAUT BAGI NEGARA INDONESIPADA MASA KINI





Assalamualaikum wr.wb


Saya RIVAI ANAS AMIRUL HUDA/X .IPS.4/22 disini saya akan membahas mengenai soal uji kompetensi hal 8 no;5 yaitu tentang analis saya mengenai PERAN LAUT PADA SAAT INI BAHI NEGARA INDONESIA

Perlu diketahui bahwa INDONESIA adalah negara kepulauan yang dikelilingi laut yang cukup luas.Dengan luas kawasan sekitar 7,7 juta km persegi .Yang menjadikan negara INDONESIA sebagai negara dengan teritorial laut terluas di dunia dengan keseluruhan garis pantai sepanjang 80.791 km. Luas lautan Indonesia lebih luas dibanding daratan. Sekitar 5,8 juta Km2 (75%) luas wilayah Indonesia merupakan perairan, sedangkan daratannya hanya seluas 1,9 juta Km2(25%).Oleh karena itu aneh bila orang Indonesia apatis terhadap kehidupan dari laut. Laut menyimpan potensi yang luar biasa bermanfaat bagi kehidupan manusia dan banyak sekali manfaat bagi kehidupan di bumi. Sayangnya, kebanyakan dari kita sering terlupa dengan manfaat sumber daya alam yang satu ini.


PERAN LAUT BAGI NEGARA INDONESIA PADA MASA KINI
1.Peranan Laut Sebagai Pengontrol Iklim Bumi
Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di Bumi. Karena laut memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub. Tanpa peranan laut, maka hampir keseluruhan planet Bumi akan menjadi terlalu dingin bagi manusia untuk hidup.
Lebih dari 70% bagian dari planet Bumi ditutupi oleh air (dimana sebagian besarnya adalah lautan). Air laut bergerak secara terus-menerus mengelilingi Bumi dalam suatu sabuk aliran yang sangat besar (global conveyor belt). Air laut bergerak dari permukaan ke dalam samudera dan kembali lagi ke permukaan. Angin, salinitas dan temperatur air laut mengontrol sabuk aliran global ini. Sabuk aliran inilah yang berperan memindahkan energi panas yang dipancarkan oleh Matahari ke Bumi. Pergerakan air laut mengelilingi Bumi dalam suatu sabuk aliran global memerlukan waktu sekitar 1000 tahun. Laut juga berperan menangkap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dalam jumlah yang sangat besar. Sekitar seperempat CO2 yang dihasilkan oleh manusia dari hasil pembakaran bahan bakar fosil diserap dan disimpan di laut. Di beberapa bagian laut, CO2 dapat tersimpan hingga berabad-abad lamanya dan berperan sangat besar dalam mengurangi pemanasan global..Perbedaan sifat fisik laut dan daratan juga dapat menimbulkan gerakan udara (angin). Bersama-sama angin uap air laut terbawa dan dapat menyejukkan atau memanaskan tempat yang dilalui serta dapat menyebabkan turunnya hujan.

2.Peran Laut Sebagai Tempat Olahraga, Sarana Rekreasi dan Pariwisata
Sebagai sebuah negara tropis, panorama laut Indonesia sangat luar biasa indah dan dapat dijadikan pusat wisata bahari sehingga dapat menambah devisa negara. Contohnya saja Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, terumbu-terumbu karang di Lombok dan Taman laut Wakatobi di Sulawesi Tengah.
Pemandangan laut yang indah baik di pantai maupun di dalam laut menarik perhatian, Laut juga merupakan sarana untuk olahraga air seperti menyelam, selancar air, dan berlayar, sehingga menarik minat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

3.sarana transportasi
laut sebagai sarana transportasi sudah jelas bahwa sejak masa hindu-budha laut Indonesia dijadikan sebagai sarana transportasi perdagangan melalui jalur sutra,dan saat ini laut sebagai sarana transportasi juga sangat penting untuk menghubungkan antar pulau di Indonesia terlebih lagi transportasi laut terilang lebih murah,Pada masa pemerintahan presiden Jokowi-JK ini diwacanakan TOL LAUT yaitu sarana transportasi laut menggunakan kapal kapal untuk mengangkut barang barang.hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi ketimpangan harga bahan pangan antar pulau

4.Sumber pangan
laut indonesia juga berpran dalam sumber pangan khususnya protein hewani dalam bentuk ikan dan hasil laut lainya ,bahkan bangsa Indonesia mampu mengekspor ikan dan hasil laut lainya ke mancanegara ,Indoneisa juga berhasil dalam mengembangkan usaha perikanan baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk tujuan tujuan ekspor

5.Peran Laut Sebagai Bahan Baku Obat-Obatan
Laut juga sangat terkenal dengan kekayaan alam nabati maupun hewani yang dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan obat-obatan. Berbagai bahan kimia yang terkandung dalam biota laut dapat digunakan untuk bahan baku obat-obatan. Ekstrak dari berbagai jenis tumbuhan dan hewan itu sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, baik untuk mengobati maupun mencegah berbagai macam penyakit.


6.Peran Laut Sebagai Sumber Pertambangan

Laut juga termasuk wilayah pertambangan yang sangat potensial bagi bangsa Indonesia.. Di Indonesia terdapat sekitar 50 cekungan dasar laut yang potensial menghasilkan minyak dan gas bumi. minyak bumi dan gas bumi Indonesia sudah diekspor ke mancanegara.

Sebenarnya masih banyak lagi peran laut bagi negara Indonesia .laut indonesia sangat begitu penting artinya bagi kehidupan rakyat Indonesia maka menjadi tanggung jawab kita untuk tetap menjaganya kemampuan laut menyerap CO2 akan berkurang jika ekosistem laut banyak mengalami kerusakan seperti kerusakan terumbu karang dan hutan bakau. Terumbu karang tak ubahnya bagaikan rumah bagi makhluk laut. Demikian juga halnya dengan hutan bakau, adalah rumah bagi makhluk2 laut yang hidup di dekat pantai. Tanpa terumbu karang dan hutan bakau, perlahan-lahan ekosistem laut akan terancam kelangsungan hidupnya sehingga sumber makanan laut yang dapat diperoleh oleh para nelayan pun akan jauh berkurang. Jika kita bangsa Indonesia mampu mengelola laut kita sendiri dan mengelolanya dengan bijak dan tidak sembarangan tentu bangsa Indonesia Sangat kaya seperti era kerajaan sriwijaya maupun Majapahit pun bisa kita ulang kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!