Minggu, 14 Mei 2017

Soal HOTS Geografi Kelas Xi tentang Rantai Makanan dan Lingkungan Hidup (beserta jawabannya) Lanjutan...



11. 
Gambar diatas mrupakan jaring jaringan makanan yang trsusun atas 5 rantai makanan yang trgabung mnjadi satu. Terlihat pada gambar bahwa yang berperan sebagai produsen adalah sawi dan bungan sepatu. Ulat, tikus, dan belalang merupakan konsumen primer(konsumen primer). Burung pipit dan katak merupakan konsumen sekunder. Konsumen puncak ditempati oleh burung elang yang beradapada tingkat trofik tertinggi. Berdasarkan gambar diatas kemukakanlah apa perbedaan rantai makanan dan jaring-jaring makanan serta tunjukan gambarnya.
12. Sejak tahun 1960 an negara di seluruh dunia diperkenalkan dengan konsep globalisasi, berkembangnya konsep globalisasi ini didukung dengan kemajuan teknologi yang tumbuh dengan amat cepat. Hal ini memungkinkan individu satu dengan individu lain di berbagai daerah bisa berkomunikasi dengan mudah dan tanpa batas, Hal itu juga mengakibatkan meningkatnya penggunaan teknologi yang berbahan bakar fosil. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi berbahan bakar fosil maka menimbulkan berbagai masalah-masalah lingkungan yang terjadi. Analisalah beberapa masalah-masalah lingkungan hidup yang dialami dunia saat ini.
13. Dengan meningkatnya pencemaran lingkungan yang terjadi pada era moderen saat ini, maka lama-kelamaan akan memicu keinginan manusia untuk memperbaiki dan melestarikan lingkungan hidup untuk keberlangsungan kehidupan di masa yang sekarang dan di masa yang akan datang. Hal ini didukung oleh meningkatnya kcrdasan manusia sehingga mampu berfikir kedepan untuk menciptakan kehidupan yang layak yang memprhatikan lingkungan. Kemukakanlah contoh tindakan manusia yang mncerminkan kelestarian lingkungan hidup.
14. Indonesia adalah negara dengan penduduk terbsar nomer 3 di dunia. Dengan penduduk yang besar tersebut memungkinkan adanya aktivitas manusia yang tak terkendali. Aktivitas manusia yang tak terkendali lama kelamaan akan menyebabkan timbulnya kerusakan lingkungan di berbagai daerah. Kerusakan lingkungan juga bisa disebabkan oleh pembangunan yang tidak berwawasan lingkungandi berbagai daerah di Indonesia. Analisalah wilayah mana saja (Indonesia) yang perlu di konservasi, jelaskan dan tunjukan dalam peta (minimal 5 wilayah).
15. dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan yang baik demi terciptanya baku mutu lingkungan yang baik di setiap daerah harus memperhatikan dan menjalankan bebrapa zona (kawasan) konservasi untuk pengelolaan lingkungan. Analisalah  apa yang kalian ketahui tentang zona inti, zona limbah, zona pemanfaatan.\

Jawab

11. Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan, di mana rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas.

 

Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari rantai-rantai makanan yang sangat kompleks dan saling berhubungan dalam ekosistem.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!