Minggu, 14 Mei 2017

Soal HOTS Geografi kelas XI IPS Bab Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan (beserta jawabannya)



Nama : Rifai Anas Amirul huda                                                                                     
No : 23
Kelas : XI. IPS 4
Soal HOTS Geografi Bab Lingkungan Hiudp dan Pembangunan Berkelanjutan

1 . Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda,, daya,, keadaan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.. Dalam pembentukan lingkungan hidup terdapat beberapa unsur pembentuk lingkungan hidup.. Jelaskan beberapa unsur lingkungan hidup dan berikan masing-masing contohnya.?.
2. Dalam rantai makanan terjadi proses makan dan dimakan.. Misalnya rumput yang dimakan oleh Kelinci (Herbivora),, Kelinci dimakan oleh serigala (Karnivora),, dan apabila serigala mati, akan diuraikan oleh jamur dan bakteri,, sehingga menjadi zat organik yang dimanfaatkan oleh tumbuhan.. Setiap tingkat rantai makanan dalam ekosistem disebut tingkat trofik. Kemukakan beberapa komponen heterotropik dan berikan contohnya?.
3.  Proses berpindahnya energi trofik ke trofik berikutnya yang dapat digambarkan dengan rantai makanan atau dengan piramida biomassa disebut aliran energi. Dalam aliran energi terdapat beberapa siklus Jelaskan istilah yang ada dalam suatu ekosistem dan Analisislah Bagaimana terjadinya siklus air atau atau siklus hidrologi?.
4. Kerusakan lingkungan berdampak pada terjadinya ekosistem dan kualitas lingkungan buruk. Oleh karena itu perlindungan lingkungan merupakan keharusan apabila ekosistem ingin Lestari.  Kondisi lingkungan yang Lestari akan mendukung berbagai kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara berkelanjutan. Oleh sebab itu dalam perlindungan Lingkungan harus memperhatikan baku mutu lingkungan. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang baku mutu lingkungan dan jenis jenis baku mutu lingkungan dan bagaimana baku mutu lingkungan yang ada?.

5.  Indonesia merupakan negara yang diberikan bonus demografi yang besar. Indonesia menduduki peringkat 3 sebagai negara yang berpenduduk terbanyak. Dari faktor tersebut setiap harinya setiap individu dari berbagai daerah pastinya selalu melakukan pembelian dan penjualan, bayangkan Apa yang terjadi bila setiap transaksi dilakukan menggunakan limbah yang tidak bisa terurai. Analisislah Apa dampak yang terjadi karena adanya sampah?.

6. Efek rumah kaca merupakan proses pembiasan permukaan suatu benda langit terutama planet atau satelit yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfer nya. Akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya suhu permukaan bumi yang nantinya mengakibatkan perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Hal ini juga dapat mengakibatkan terganggunya ekosistem hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuan untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Hal pertama untuk mencegah efek rumah kaca adalah mengurangi gas rumah kaca bukakan.Apa yang kalian ketahui tentang gas rumah kaca Deskripsikanlah dan jelaskan dengan baik?.

7. Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang mengusahakan dipenuhinya kebutuhan sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang. Untuk nmemnuhi kebutuhan, manusia seluruhnya ditopang oleh alam, namun Alam memiliki keterbatasan yang tidak mungkin menyediakan kebutuhan manusia terus menerus coba ungkapkan beberapa manfaat lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan ?.

8. Untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera maka hal yang wajib dilakukan oleh pemerintah adalah pembangunan. Namun seringkali dijumpai bahwa pembangunan tersebut berefek lingkungan dan berakibatkan adanya kerusakan lingkungan. Kemukakanlah Bagaimana pemanfaatan lahan yang berwawasan lingkungan ?.

9. Dalam menciptakan kesejahteraan maka haruslah dilakukan pembangunan. Namun dalam pembangunan sendiri itu harus memperhatikan lingkungan agar tidak terjadinya kerusakan lingkungan dan terciptanya kondisi lingkungan yang baik. Kemukakanlah Bagaimana pemanfaatan lahan yang berwawasan lingkungan?.

10. Dalam menciptakan kesejahteraan maka haruslah dilakukan Pmbangunan. Pmbangunan yang baik sndiri itu haruslah mmprhatikan lingkungan dan kbutuhan akan gnrasi di masa yang akan datang serta harus terciptanya kondisi lingkungan yang baik. Untuk mwujudkannya maka pembangunan harus dilaksanakan dalam konsep berwawasan lingkungan. Kemukakanlah Bagaimana ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan

Jawab

1. Unsur-unsur pembentuk lingkungan hidup dan contohnya:
a.       Unsur hayati (biotik)
·         Terdiri atas makhluk hidup.
·         Contoh: manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad-jasad teknik.

b.      Unsur sosial budaya
·         Lingkungan sosial budaya yang dibentuk manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakina dalam perilaku sebagai makhluk sosial.
·         Contoh: adat istiadat.

c.       Unsur fisik (abiotik)
·         Terdiri atas benda-benda tidak hidup.
·         Contoh: tanah, air, udara, iklim, dll.

2. Beberapa komponen heterotrofik dan contohnya:
Kata heterotrof sendiri berasal dari kata heterof, yang artinya berbeda atau lain, dan trophikos, artinya menyediakan makanan.
·         Organisme yang mampu memanfaatkan bahan-bahan organik sebagai bahan makanannya dan bahan tersebut disintetis dan disediakan oleh organisme lain.
Yang termasuk kelompok ini: hewan, jamur, dan umumnya mikroorganisme.
·         Makhluk hidup memanfaatkan bahan-bahan organik yang telah tersedia sebagai bahan makanannya, karena ia tidak dapat membuat makanan sendiri.
Contoh: manusia, binatang, dan jasad teknik.
v  3. Jenis-jenis siklus yang ada didalam ekosistem diantaranya:
·         Siklus karbon
·         Siklus nitrogen
·         Siklus fosfor
·         Siklus sulfur
·         Siklus air

v  Siklus air atau hidrologi merupakan sirkulasi air yang tidak dapat berhenti, dari atmosfer ke bumi, dan kembali lagi ke atmosfer melalui proses kondensasi, presispitasi, evaporasi, dan transpirasi.
Siklus air dimulai dari adanya penguapan yang terjadi di permukaan bumi. Panas matahari membuat air berubah menjadi upaya air. Karena massa jenis uap air yang lebih rendah dibandingkan massa jenis udara, uap air kemudian naik keatas atmosfer, terkonsentrasi, dan membentuk awan. Awan lalu membentuk hujan karena pengaruh udara panas dan perubahan suhu. Air jatuh ke permukaan bumi, mengalir ke tempat terendah, dan kembali ke lautan. Air yang sampai ke lautan lalu menguap kembali, dan begitu seterusnya.
v  4. Yang saya ketahui tentang pencemaran:
polusi atau pencemaran lingkungan adalah berubahnya tatanan lingkungan akibat kegiatan manusia atau proses alam yang mengakibatkan masuknya bahan pencemar (polutan) kedalam suatu lingkungan sehingga kualitas lingkungan menurun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Selain disebabkan oleh aktivitas manusia, pencemaran juga dapat disebabkan oleh alam.
Pencemaran tidak bisa dihindari, tetapi pencemaran hanya bisa dikendalikan, dikurangi, ataupun dengan cara meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak tercemar.

v  Jenis-jenis pencemaran:
·         Pencemaran udara
ü  Disebabkan oleh asap buangan, misalnya gas CO2 hasil pembakaran, SO, SO2, CO, dan asap rokok.
ü  Pencemaran udara menyebabkan:
o   Terganggunya kesehatan manusia.
o   Rusaknya bangunan karena tanaman.
o   Terganggunya pertumbuhan tanaman.
o   Menipisnya lapisan ozon.
o   Peristiwa efek rumah kaca.

·         Pencemaran air
ü  Peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya kedalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu.
ü  Ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan warna.
ü  Pencemaran air menyebabkan:
o   Terganggunya kehidupan organisme air.
o   Punahnya biota air.
o   Terjadinya banjir.
o   Menjalarnya wabah muntaber.
o   Pendangkalan didasar perairan.

·         Pencemaran tanah
ü  Umumnya disebabkan oleh sampah-sampah rumah tangga, pasar, industri, kegiatan pertanian maupun peternakan.
ü  Pencemaran tanah menyebabkan:
o   Terganggunya kehidupan organisme, terutama dalam tanah.
o   Berubahnya sifat kimia tanah.
o   Merubah serta mempengaruhi keseimbangan ekologi.
v  5. Yang saya ketahui tentang baku mutu lingkungan:
baku mutu lingkungan merupakan batas kandungan yang diperbolehkan bagi zat dan bahan pencemar untuk berada di udara, ymdengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk sekitar.
Baku mutu lingkungan berfungsi untuk memecah terjadinya pencemaran lingkungan oleh berbagai aktivitas manusia dan aktivitas industri. Selain itu juga berfungsi untuk mencegah berlimpahnya limbah sehingga baku mutu lingkungannya dapat memenuhi syarat bagi kehidupan manusia.

v  Jenis-jenis baku mutu lingkungan:
·         Effluent standard
Kadar maksimum limbah yang diperbolehkan untuk dibuang ke lingkungan.
·         Stream standard
Batas kadar untuk sumber daya tertentu, seperti sungai, waduk, dan danau. Kadar yang diterpakan ini didasarkan pada kemampuan sumber daya beserta sifat peruntukannya.
Contoh: batas kadar badan air untuk minum berlainan dengan kadar badan air untuk pertanian.

v  Baku mutu air:
Ambang batas kadar bahan atau zat yang diperbolehkan terdapat dalam sumber air, yang masih dapat digunakan.
Contoh: air untuk minum, untuk mandi, untuk pertanian, untuk industri, dll.
Kriteria mutu air diterapkan untuk menentukan kebijaksanaan perlindungan sumber daya air dalam jangka panjang. Kriteria kualitas air di Indonesia diterapkan berdasarkan pemanfaatan sumber-sumber air tersebut dan mutu yang diterapkan berdasarkan karakteristik suatu sumber air penampungan tersebut dan pemanfaatannya.
6. Dampak yang terjadi akibat adanya sampah:
·         Terjadi kekurangan oksigen disekitar daerah pembangunan sampah.
·         Rendahnya tingkat kesehatan masyarakat dan menimbulkan banyak penyakit.
·         Membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, apabila sampah tidak dikelola dengan baik.
·         Menyebabkan banjir, akibat membuang sampah di sungai.
·         Menimbulkan pencemaran udara, karena mengandung gas yang terjadi dan rombakan sampah dengan bau yang tidak sedap.
7. Yang saya ketahui tentang gas rumah kaca:
Gas rumah kaca adalah gas-gas yang ada di atmosfer, yang dapat menyebabkan efek rumah kaca. Gas-gas tersebut biasanya muncul secara alami di lingkungan tetapi dapat juga timbul akibat aktivitas manusia.
Gas rumah kaca yang ada di atmosfer, dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia. Terutama yang berhubungan dengan pembakaran bahan bakar fosil ( minyak, gas, dan batu bara) seperti pada pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor, AC, komputer, ataupun memasak.
Gas rumah kaca juga dihasilkan dari pembakaran dan penggundulan hutan, serta aktivitas pertanian dan peternakan.
Sumber-sumber gas rumah kaca:
·         Uap air
·         CO2
·         CH4 (mutan)
·         N2O (Nitrogen oksigen)
8. Manfaat lingkungan hidup dalam berkelanjutan contohnya adalah bendungan dan waduk yang terbentuk oleh lingkungan.Manfaatnya: tempat penampungan dan peninggian muka air, pembangkit tenaga listrik untuk penerangan dan industri, pengendalian banjir, penyediaan air minum, dan pariwisata.
9. Pemanfaatan lahan yang berwawasan lingkungan diantaranya:
Tata guna lahan adalah suatu upaya dalam merencanakan penggunaan lahan dalam suatu kawasan yang meliputi pembagian wilayah untuk pengkhususan fungsi-fungsi tertentu, misalnya fungsi pemukiman, perdagangan, industri, dll.
10. Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan:
·         Memberi kemungkinan bagi setiap bagi setiap warga untuk menentukan pilihannya, berbagai ragam hidup untuk meningkatkan mutu hidup.
·         Pembangunan berwawasan lingkungan tidak hanya menyangkut pengendalian perubahan sumber daya alam fisik saja.
·         Berkaitan erat dengan pengaturan ekonomi dan sosial bagi warga maupun lembaga.
·         Mencatat adanya akibat sampingan yang akan merugikan masyarakat.
·         Melakukan langkah-langkah yang dapat menimbulkan perilaku berperan serta masyarakat luas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!