Minggu, 05 Maret 2017

Soal HOTS Prakarya/Budidaya kelas XI beserta jawabannya

1. Ikan hias mengalami permintaan yang terus meningkat setiap tahun, tetapi produksi benih ikan hias belum terpenuhi. Di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan hias yang sudah dapat dibudidayakan untuk memenuhi sebagian permintaan tersebut. Jelaskan ciri-ciri yang dimiliki, 4 jenis ikan yang dimaksud.

2. Pada dasarnya usaha budidaya ikan arwana untuk pembenihan relative mudah. Budidaya pembenihan arwana mempunyai prospek sangat besar karena benih arwana memiliki nilai jual yang tinggi, Jelaskan alasan anda mengapa harga jual benih ikan arwana itu tinggi!

 3. Banyak diketahui alasan seseorang memelihara ikan hias. Ikan hias memiliki banyak manfaat salah satunya ikan hias dapat menghilangkan stres. Jelaskan maksud pernyataan tersebut

4. Untuk memenuhi permintaan ikan hias di pasar, terdapat beberapa alternative usaha budidaya ikan hias. Salah satunya adalah budidaya ikan cupang. Jelaskan dengan diagram alir proses pembenihan ikan cupang beserta bahan-bahan yang dibutuhkan!

5. Pemeliharaan induk cupang sebagai tahapan dalam proses pembenihan menjadi bagian yang perlu dipersiapkan dengan matang. Induk jantan dan betina yang akan dipijahkan harus memenuhi syarat, jelaskan syarat indukan cupang yang siap untuk dipijahkan 


jawab


1.

 Ikan Oskar

ikan hias oscar Macam Macam Jenis Ikan Hias yang Populer

Ikan oskar ini bentuknya hampir mirip dengan ikan konsumsi yang bernama Gurame, bentuknya yang lebar serta sirip di bagian atas yang lebar membuatnya sangat mirip yang membedakannya adalah kombiasi yang dimiliki ikan oskar ini. Ikan oskar memiliki warna yang lebih berani seperti, hitam, merah, orange, putih dan masih banyak lagi. Kombinasi tersebut terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya, ikan ini sangat cocok sekali jika ditaruh akuarium yang berukuran sedang.

 

.Ikan Arwana

ikan hias arwana Macam Macam Jenis Ikan Hias yang Populer

Ikan arwana merupakan ikan yang banyak dicari oleh sebagian orang, tentunya ikan ini bisa dijadikan ikan hias, karena warnanya yang indah dan beragam, selain itu banyak orang yang percaya jika kita memiliki ikan arwana didalam rumah maka pemilik ikan arwana ini akan lancar rejekinya, itu cerita masyarakat turun temurun. Ukuran ikan arwana sendiri beragam, dari yang kecil hingga ukuran yang amat besar kira kira panjangnya bisa mencapat 1meter lebih.. waw besar sekali ya

 .Ikan Koki/Maskoki

ikan hias mas koki Macam Macam Jenis Ikan Hias yang Populer

Ikan Mas Koki

Ikan hias mas koki atau koki merupakan ikan yang sering kita jumpai dirumah-rumah yang memeliki akuarium, ikan ini memang sangat familiar dikalangan pecinta ikan, karena bentuknya yang unik dan lucu lah menjadikan ikan ini memiliki daya tarik sendiri, selain itu harganya yang tergolong terjangkau dan juga cara merawatnya yang cukup mudah. Tubuh yang gembul dan kepala yang seperti memiliki punuk merupakan ciri khas dari ikan ini, serta warna warna yang indah indah yang dimiliki ikan mas koki ini.

. Ikan Cupang

ikan hias cupang Macam Macam Jenis Ikan Hias yang Populer

Ikan Cupang

Ikan cupang juga sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat, apalagi dikalangan anak muda, ikan ini sangat populer karena bisa di gunakan untuk bertarung, tetapi pertartungan antar ikan merupakan hal yang tidak dibenarkan, karena akan menyakiti ikan itu sendiri, sebaiknya ikan cupang kita rawat dan peliharan dengan baik, jika bisa mengembang biakan malah bagus untuk dijadikan lahan bisnis sampingan kita.

2. harga jual ikan Arwana terbilang cukup tinggi. harganya sangat bervariasi tergantung jenis ikan Arwana itu sendiri. Arwana sendiri mahal karena keunikan yang dimiliki oleh ikan tersebut. Alasan yang pertama adalah arwana banyak peminatnya sehingga permintaan akan ikan arwana cukup banyak, hal itu menyebabkan melambungkan harga ikan arwana. Alasa yang kedua adalah ikan arwana dianggap sebagai pembawa hoki atau keberuntungan dimana jika seseorang memelihara ikan arwana dipercaya dapat tercapai cita-citanya dan dimudahkan dalam perjalanan menggapai kesuksesan. Alasan yang ketiga adalah arwana merupakan simbol kekayaan, jadi barangsiapa yang memiliki ikan arwana di rumahnya ia termasuk orang kaya, ikan arwana ini juga merupakan wujud gengsi dari orang kaya.

3. Alasan mengapa ikan hias dapayt menghilangkan stres :

a. Ikan hias terlihat indah

salah satu alasan mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres adalah keindahannya. ikan hias yang terdapat di aquarium maupun di kolam umumnya memiliki bentuk dan warna-warni yang sangat indah. Karena itulah ketika melihatnya kita terpesona dan melupakan berbagai masalah yang sedang dialami. Atau kita juga bisa menghilangkan stress ketika mengamati pergerakan ikan hias dalam aquarium maupun kolam. Ikan hias yang berenang mondar-mandir, kesana-kemari terlihat sangat lucu dan bisa membuat kita merasa relax

b. Energi yang dihasilkan Ikan hias

Banyak kepercayaan dan kebudayaan yang menyakini bahwa ikan hias membawa energi yang sangat baik. Jika kita didekatnya maka energi tersebut akan mempengaruhi tubuh kita maupun kondisi psikologis. Hasilnya kita bisa lebih santai dan keteganganpun berkurang. Selain dari ikan yang ada di kolam maupun aquarium, tempay ikan juga memberi pengaruh yang menenangkan. 

c. Kebahagiaan saat merawat ikan

Stres tidak hanya dihilangkan saat kita melihat ikan hias. Tetapi saat kita merawatnya kebahagiaan juga akan terasa sehingga stres akan menjauhi kita. Misalnya saja kita memberi makan pada ikan. kita akan melihat ikan berenang cepat untuk menghampiri makanan yang kita berikan. Hal itu sangat menyenangkan

d. Hobi yang menghasilkan uang

Memelihara ikan hias tidak hanya melulu hanya memelihara tetapi juga bisa menghasilkan uang jika kita mengembangbiakan ikan hias. Ikan hias cenderung bernilai ekonomis tinggi karena satuannya adalah per ekor. Tidak sedikit ikan hias yang harga jualnya sudah tinggi bahkan sampai jutaan rupiah per ekor. hal inilah yang isa mengurangi masalah ekonomi yang menjadi penyebab terjadinya stres

4.

1.       Periapan sarana dan prsarana
a.       Botol bekas
b.      Kaca dan lem kaca untuk membuat aquarium
2.       Pemeliharaan Induk
a.       Induk cupang yang berkualitas
b.      Pakan alami yang memiliki protein tinggi seperti Tubifex (cacing sutra)
3.       PEMIJAHAN INDUK
  • Isi tempat pemijahan dengan air bersih setinggi 10-15 cm. Seabagai catatan gunakan air tanah atau air sungai yang jernih. Endapkan terelebih dahulu air yang akan dipakai setidaknya selama satu malam. Hindari penggunaan air dalam kemasan atau air PAM yang berbau kaporit.
  • Tambahkan kedalam wadah tersebut tanaman air, sebagai tempat burayak berlindung. Tapi penempatan tanaman air jangan terlalu padat. Karena tanaman air berpotensi mengambil oksigen terlarut yang ada dalam air.
  • Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Biarkan ikan tersebut selama satu hari dalam wadah. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara. Gunanya untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Untuk memancing si jantan membuat gelembung, masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening (bekas gelas akua) dan benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada.
  • Setelah indukan jantan membuat gelembung, masukkan indukan betina. Waktu pemijahan ikan cupang biasanya terjadi sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari hilir mudik orang dan suara bising.
  • Setelah terjadi pembuahan angkat segera indukan betina, karena yang bertanggung jawab membesarkan dan menjaga burayak adalah cupang jantan. Dengan mulutnya si jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan betina tidak diangkat, maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan si betina.
  • Setelah kurang lebih satu hari telur-telur tersebut akan menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu diberi pakan karena masih ada nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak.
  • Setelah tiga hari terhitung sejak telur menetas, berikan kutu air (moina atau daphnia). Pemberian pakan jangan lebih banyak dari burayak karena pakan akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.
  • Indukan jantan baru diambil setelah burayak berumur 2 minggu terhitung sejak menetas. Pindahkan burayak tersebut pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau larva nyamuk.
  • Setelah 1,5 bulan, ikan sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah pembesaran.

4.       Penetasan telur
1. Dengan meletakkan tanaman air pada wadah pemijahan berguna dalam menyumbangkan sedikit infusoria secara alami buat burayak.

2. Setelah burayak dapat berenang bebas secara otomatis dan naluri alamiahnya akan berburu untuk makan, dan secara naluri pula mereka dengan atraktif akan menyerang sesuatu yang bergerak.

3. Pada saat burayak berumur 3-4 hari dapat diberikan vinegar eels, gerakannya disukai serta menarik minat burayak dan bentuknya yang sangat kecil cukup pas untuk burayak memakannya. Anda dapat juga memberi makan burayak dengan infusoria, rotifera atau micro worms.

4. Setelah burayak berumur 1 minggu dapat diberikan pakan kutu air saring atau BBS (Baby Brine Shrimp)/Artemia yang telah dikultur.

5. Pemberian kutu air dan Artemia bisa dilanjutkan hingga burayak berumur 3 minggu, dan dapat juga dicampur/divariasi dengan cacing tubifex sp., chironomus sp., ataupun vinegar eels karena pertumbuhan burayak sering kali tidak sama.

6. Pada umur 5 minggu burayak siap untuk dilakukan pendederan atau dipindahkan ketempat yang lebih besar ataupun kolam. Pada saat ini porsi pemberian pakan lebih banyak dan dilakukan penggantian air secara kontinyu.

7. Pada usia 4 hingga 6 minggu burayak mulai terbentuk organ labyrinth nya dan mereka mulai menuju permukaan untuk bernafas (mengambil oxygen langsung dari udara).

8. Setelah lewat umur 6 minggu pemberian diet makanan mulai variatif, jentik nyamuk (cuk), kutu air dan bloodworm.

9. Lakukan penggantian air sebanyak 30% dengan cara siphon atau membuka drain/valvenya, sekaligus membersihkan kotoran dan sisa pakan yang ada didasar. Kemudian tambahkan air baru yang telah diendapkan secara lembut/perlahan. Sejak usia 4 minggu naluri bertarung sudah mulai tampak dan penggantian atau penambahan air baru/bersih akan merangsang aktivitas hormonal ikan yang mengarah kepada agresivitasnya. Untuk meminimize pertarungan gunakan tempat atau space yang lebih besar atau dapat juga meletakkan tanaman air hidrilla atau dapat juga menggunakan serabut rafia untuk menghindari pertemuan langsung yang berakibat timbulnya pertarungan.

10. Umur 7 hingga 8 minggu mulai dapat disortir jantan atau betina.

11. Umur 10 hingga 12 minggu dapat disortir berdasarkan grade A, B, atau C. pisahkan mereka karena masing-masing memiliki nilai jual yang berbeda.

12. Pilih anakan yang kwalitas baik atau super, dan diletakkan mereka dalam aquarium terpisah

5.       Pemeliharaan Larva dan Benih
a.       Pakan untuk benih yang berukuran kecil seperti artemia dan kutu air
 

5. Syarat indukan cupang yang siap dipijahkan 

Untuk cupang jantan:
  • Berumur setidaknya 4-8 bulan
  • Bentuk badan panjang
  • Siripnya panjang dan warnanya terang atraktif
  • Gerakannya agresif dan lincah
Untuk cupang betina:
  • Berumur setidaknya 3-4 bulan
  • Bentuk badan membulat, bagian perut sedikit buncit
  • Siripnya pendek dan warnanya kusam tidak menarik
  • Gerakannya lambat
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!