Sabtu, 03 November 2018

Laporan Studi Wisata SMPN 5 Blora Di Bali tahun 2013-2014

KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat yang diberikan pada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yaitu membuat karya tulis yang berjudul “ Studi wisata ke BALI “ untuk mengingat memorial di masa kita berkunjung ke BALI.

Karya tulis kami ini berisikan tentang kegiatan studi tour kami yang telah kami jalani beberapa hari di BALI, yang kami susun secara ringkas dan runtut. Namun kami menyadari bahwa karya tulis kami inijauh dari sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mohon para pembaca memberikan saran dan kritikan yang membangundemi perbaikan, untuk itu kami ucapkan selamat amembaca dan semoga karya tulis kami yang berjudul “ Studi wisata ke BALI “ bermanfaat bagi kita semua.

PENDAHULUAN
Atas berkah rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami dapat membuat karya tulis ini dan dengan pertolongannya lah kami dapat mengikuti study tour ke Bali dengan keadaan sehat wal afiat. Kami membuat karya tulis ini dalam rangka untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
1. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata di negara kita terutama peninggalan–peninggalan sejarah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi salah satu alasan diadakan karya wisata. Karya wisata merupakan suatu kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan olehsekolah kami. Karya wisata tahun ini mengambil objek – objek karya wisatadi Pulau Bali karena di sana banyak terdapat tempat – tempat wisata yangtersohor atau terkenal di Dunia.
                 Kaitanya dengan karya wisata, kami ditugasi untuk membuat laporan dalam bentuk Karya Tulis mengenai objek–objek wisata yang kamikunjungi di Pulau Bali. Dalam menyusun laporan tersebut, kamimemerlukan data – data yang akurat. Dalam pencarian data–data yangakurat tersebut kami mengalami suka dan duka.
2. TUJUAN
Tujuan khusus:
Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI tahun ajaran 2013/2014
Tujuan Umum:
  1. Penulis ingin memperkenalkan profile objek-objek wisata yang ada di pulau Bali kepada pembaca.
  2. Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.
  3. Sebagai latihan untuk memperlancar sastra dan bahasa..
3. MANFAAT PENULISAN
  1. Sebagai tambahan materi diluar sekolah.
  2. Melatih siswa agar dapat mengolah laporan widaya wisata.
  3. Menambah pembendaharaan pustaka sekolah yang menunjang minat baca siswa agar pengetahuannya lebih luas

DAFTAR ISI
1.         Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………………………………………..2
2.        Pendahuluan………………………………………………………………………………………………………………………………..3
3.        Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………………………………..4
4.  waktu dan pelaksanaan........................................................................5
A.pemberangkatan ke pulau Bali
B.perjalanan ke pulau Bali
C.perjalanan ke bali
       objek wisata,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,:
BAB I    : - Tanah lot………………………………………………………………………………………………….6
BAB II  :  - GWK(garuda wisnu kencana)……………………………………………………………………………………………….7
BAB III :  - Pantai kuta……………………………………………………………………………………………..8
BAB IV:   - Karang kurnia…………………………………………………………………………………………………………………9
BAB V:      Sangeh....................................................................................................................10
BAB VI : Tari barong........................................................................................................11
BAB VII: Cah ayu.................................................................................................................12
5.        Penutup……………………………………………………………………………………………………………………………………….13

ISI

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Karya wisata ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2014 – 17 Juni 2014. Penulis berada di Pulau Dewata Bali selama 4 hari dan mengamati objek wisata selama 2 hari di pulau Dewata Bali.
Pemberangkatan

Pemberangkatan pada hari Jum’at, tanggal 14 Maret pukul 09.00 WIB. Sebelum pemberangkatan siswa-siswi berkumpul di SMP N 5 Blora pukul 08.30 WIB. Bpk.ibu guru SMP N 5 Blora memberikan pengarahan kepada siswanya yang akan melakukan karya wisata ke Bali. SMP N 3 Blora memberangkatkan 3 Bus. Sebelum pemberangkatan kami berdoa dan Pada pukul 09.00 WIB siswa mulai perjalanan menuju Bali.

B. Perjalanan Ke Pulau Bali

Pada saat – saat pertama dalam perjalanan kami, semua sangat ceria karena kami belum merasakan lelah. Masing – masing peserta sibuk dengan kegiatanya sendiri – sendiri ada yang saling bercanda, bernyanyi,
, bermain hp, dan ada juga yang hanya menikmati pemandangan di luar.

Pukul 11:30-13:00 WIB kami makan siang di Restoran lombok Ijo lamongan dan sholat jum’at. Selesai makan kami melanjutkan perjalanan. Suasana di dalam bus kembali ramai karena teman – teman telah mendapatkan dan menikmati makan dan sholat mereka, mereka kembali bergurau dan beryanyi, bahkan nasehat Bapak dan Ibu guru pendamping untuk jangan besrisik tidak dihiraukan.Dalam perjalanan kami,kami melewati PLTU paiton yang merupakan PLTU terbesar di ASIA

Sekitar pulul 20:00 WIB kami istirahat sejenak Di SPBU Banyuwangi sekaligus makan dan sholat di sana.Sekitar pukul 00;30 WIB kami sampai di pelabuhan Gilimanuk, sejenak kami menunggu kapal merapat ke pelabuahan. Di dalam kapal kami menikmati pemandangan dan tertidur sampai tak sadar bahwa kami telah merapat ke pelabuhan Ketapang. Tak terasa 1 jam lamanya diatas air laut, kami merasa senag dapat menginjak pulau Dewata Balu untuk yang pertama kali. Kami tiba di Pulau Bali pukul 02:30 WITA dan kami melanjutkan perjalanan menaiki bus lagi.
Perjalanan di Pulau Bali

Sekitar pukul 06:00 WITA kami sampai di Tanah Lot.setelah tiba di Tanah Lot kami mandi dan makan pagi di Rumah Agung Tanah Lot.

BAB 1

TANAH LOT

Tanah Lot' adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah Pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.Di sana kami menikmati pemandangan pantainya yang indah dan kami juga berfoto-foto di sana,Kami di Tanah Lot diberi waktu kira kira 2 jam

BAB 2

GWK(Garuda Wisnu Kencana)
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.[1]

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.[1]

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Di GWK kami melihat Tari Budaya khas Bali dan pertunjukan seni lainya.Patung Wisnu dengan menunggangi garuda akan menjadi patung terbesar di dunia melebihi patung Liberty di A.S. Kami di GWK diberi waktu 2 jam.......

BAB 3

PANTAI KUTA

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.

Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Di mana produk dari lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Keahliannya dalam bernegosiasi, membuat Mads Lange sebagai pedagang yang terkenal antara raja-raja Bali dengan Belanda.

Hugh Mahbett juga telah menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.

Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.

Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Kami dari MR.Kuta menuju obyek pantai kuta harus menaiki angkutan umum karena bus kami hanya boleh parkir di MR kuta.sekitar pukul 13;00 WITA kami sampai di pantai kuta.Di pantai kuta kami melihat pantai kuta yang indah dan kami tak lupa untuk berfoto-foto,kami juga berfoto-foto dengan bule JAPAN,kami disana senang bermain air dan menikmati panoramanya yang indah.di sana kami diberi waktu 2 jam
Setelah itu kami kembali ke MR.kuta untuk makan siang,sholat,dan membeli oleh-oleh sejenak

BAB 4

Karang kurnia

KARANG KURNIA adalah pusat oleh-oleh di pulau bali yang didirikan oleh I Gede Wireyasa. berawal dari studi bandingnya di toko oleh-oleh Ia mencoba berbisnis sendiri. karang kurnia memiliki beberapa cabang, yaitu:

1. jalan cargo 99x denpasar bali

2.jalan gatot subroto xx denpasar bali di sini bisa ditemukan berbagai macam kerajinan dan oleh-oleh lainnya,seperti : lukisan,patung,pakaian anak dan dewasa,bed cover,pernak-pernik,batik,dll. Barang-barang tersebut tidak semuanya buatan bali melainkan banyak yang diambil dari pulau jawa seperti batik.

pasar karang kurnia lebih murah dibanding pasar lain di bali. dengan lahan parkir yang cukup luas dan suasana yang lumayan segar membuat pengunjung merasa nyaman.

Di karang kurnia kami membeli berbagai oleh-oleh khas Bali di antaranya:baju,pernak-perni dll

Kami di Karang kurnia diberi waktu 1 jam.Setelah dari karang kurnia sekitar pukul 17;00 WITA kami melanjutkan perjalanan menuju penginapan kami yaitu HOTEL BATU KARO kami makan malam dan istirahat di sana

BAB 5

SANGEH

Tibalah hari kedua.Hari kedua ini kami harus mempersiapkan diri karna setelah sarapan pagi kami harus meninggalkan hotel.Sekitar pukul 07;00 WITA kami berangkat menuju SANGEH

Sangeh adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di Desa Sangeh,Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung, Bali.

Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas dan di keramatkan oleh penduduk setempat di sebuah hutan. Di tengah hutan ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari.Pura ini dibangun oleh Kerajaan Mengwi dan sekarang diserahkan ke penduduk setempat. Monyet di sini memiliki raja dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.

Menurut legenda,adanya Pura Bukit Sari di hutan ini diceritakan secara mitologis dalam Lontar Babad Mengwi. Diceritakan putri Ida Batara di Gunung Agung berkeinginan untuk disungsung di Kerajaan Mengwi. Atas kehendak beliau maka hutan pala yang ada di Gunung Agung tempat putri Ida Batara Gunung Agung bermukim pindah secara misterius pada waktu malam.

Ketika perjalanan baru sampai di Sangeh, telanjur ada penduduk yang melihat perjalanan tersebut. Hal ini konon yang menyebabkan hutan pala tersebut tidak bisa berjalan lagi menuju Mengwi dan berhenti di Desa Sangeh sekarang. Konon putra angkat Raja Mengwi yang pertama I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan menemukan bekas bangunan pelinggih.

Putra angkat Raja Mengwi tersebut bernama Anak Agung Ketut Karangasem. Atas penemuan tersebut Cokorda Sakti Blambangan memerintahkan untuk membangun kembali pura tersebut dan diberi nama Pura Bukit Sari. Yang dipuja di pura tersebut adalah Ida Batara Gunung Agung dan Batara Melanting. Pura Besakih di lereng Gunung Agung itu tergolong Pura Purusa atau sebagai jiwa dari Pulau Bali.

Di Sangeh banyak kera yang berkeliaran tapi kera-kera itu sudah jinak.Jika kalian tidak berhati-hati dengan barang bawaan kalian maka barang kalian akan di ambil oleh kera tersebut.Di sangeh juga terdapat pohon Lanang Wadon yaitu pohon laki-laki dan perempua

BAB 6

TARI BARONG

Tari barong dan keriss adalah suatu tarian yang menggambarkan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan”BARONG”adalah makhluk mithologi yang mewakili kebaikan dan makhluk yang menggambarkan kejahatan adalah “RANGDA

Tari Barong dan Keris tidak kalah uniknya dengan tarian lain di Bali. Tari ini menunjukkan bahwa di dunia ini terdapat dua unsur penting yaitu “Kebajikan” dan “Kebatilan” maka tarian ini dipentaskan dalam bentuk urutan cerita tentang bagaimana Kebajikan melawan Kebatilan. Umumnya pertunjukan ini dinikmati selama 1,5 jam.

BAB 7

CAH AYU

Sekita pukul 10;00 WiTA kami sampai di pusat oleh-oleh cah ayu. Pusat oleh-oleh halal Cah Ayu ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Bali dan semuanya terjamin halal dan sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Letak dari pusat oleh-oleh halal Cah Ayu ini adalah di daerah Batu Bulan, tepatnya berada di kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Tidak susah untuk menemukannya karena toko ini tepat berada di pinggir jalur wisata Batu Bulan

Makanan yang dijual memang bermacam-macam, antara lain Gambir, dodol bali, kacang-kacangan Bali yang terdiri dari berbagai macam jenis kacang, dan berbagai macam makanan lainnya. Semua lengkap dengan berbagai ukuran bungkusan. Namun ada salah satu makanan oleh-oleh Bali yang saat ini memang sedang diminati, yaitu Pie Susu Bali. Pie susu ini memiliki berbagai macam rasa, original, keju, coklat, strawberry, vanilla dan kacang.

Perjalanan pulang

Setelah kami makan siang di Cah ayu sekitar pukul 12;00 WITA kami langsung berangkat ke pulau Jawa dan perjalanan pulang.Kami tiba di pelabuhan Ketapang pada sore hari sekitar pukul 15;00 WITA.Kami harus menunggu kapal Feri yang akan menyebrangkan kami ke pulau jawa Setelah kapal datang kami pun naik ke kapal dan meninggalkan pulau Dewata,Di kapal kami menikmati pemandangan yang indah dari atas kapan,sekitar pukul 17;00 WIB sampai di pulau Jawa .Sekitar pukul 17;30 kami berhenti sejenak di SPBU untuk makan malam dan sholat Sesudah makan malam di bus kami melanjutkan perjalanan pulang ke Blora.kami bermalam di bus selama 12 jam,Pada pukul 05;00 kami telah sampai di Blora dengan selamat .

PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca bisa memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca.