Senin, 03 September 2018

ESSAY PERAN INTERNET DALAM MENINGKATKAN PEREKNOMIAN MASYARAKAT



No 14
Kelas: XII IIS 4



1.        PENDAHULUAN
     Latar Belakang Masalah
Di era modern seperti saat ini,teknologi dan komunikasi berkembang sangat pesat, khususnya internet.Hal ini didukung dengan berkembangnya smartphone atau yang disebut dengan gadget.Gadget mempermudah kita mengakses semua yang kita mau, baik pengetahuan, sosial, hiburan ataupun belanja.Seperti internet misalnya, internet kini telah diakses hampir setiap orang.internet adalah sebuah media online yang penggunanya bisa dengan mudah mengakses, berpartisipasi, berbagi dan berinteraksi dengan semua orang.
Perkembangan internet yang pesat juga mendukung hadirnya internet. internet yang sering digunakan masyarakat antara lain: Search Engine, Marketplace, Sosial Media dll. Media tersebut telah membantu masyarakat untuk berkomunikasi dengan kerabat-kerabat mereka yang jauh.

    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusn masalah penulisan ini adalah:
a.  Apa Itu Internet
b.  Motif Penggunaan Internet Dalam Meningkatkan Perekonomian Mayrakat     

     Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalaah diatas, tujuan penulisan ini adalah:
a.    Untuk mengetahui dampak yang diperoleh massyarakat dengan adanya internet
b.    Untuk mengetahui peran internet terhadap perkembangan perekonomian masyarakat

     Manfaat Penulisan
Tulisan ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi, evaluasi, gambaran dan pembekalan mengenai internet khususnya pada internet.
    

2      PEMBAHASAN
   Internet
Pada dasarnya internet merupakan perkembangan mutakhir dari teknologi-teknologi webbaru berbasis internet, yang memudahkan semua orang untuk dapat berkomunikasi, berpartisipasi, saling berbagi dan membentuk sebuah jaringan secara online, sehingga dapat menyebarluaskankonten mereka sendiri.Internet Sendiri dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti:

a.     Search Engine
Kumpulan program untuk mencari dokumen atau informasi dengan kata kunci spesifik. Layanan ini segera menampilkan daftar kumpulan dokumen berdasarkan pencarian kata kunci yang berhasil ditemukan pada dunia internet. Mesin pencari dianggap kumpulan program yang mengarah pada layanan situs tertentu, dimana sebagian besar pengguna internet mengkaitkan dengan Google, Bing dan Yahoo.
b.     Marketplace
Sebuah lokasi jual beli produk dimana seller dan juga konsumen bertemu di suatutempat. Seller akan menjual barangnya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace
    c.     Sosial Media
Sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.


 Motif penggunaan internet dalam perekonomian
Era modern telah merubah masyarakat dalam berbagai hal. Salah satunya dengan gadget.Gadget telah dimiliki oleh sebagian besar warga di seluruh dunia, baik remaja, dewasa, orang tua bahkan anak-anak.Mereka menggunakan gadget dalam berbagai hal, bahkan bagi sebgian orang gadget sudah menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan mereka.Oleh karena itu, hal ini banyak digunakan sebagian orang untuk memperbaiki perekonomian mereka.Salah satunya melalui bisnis online. Dengan adanya jual beli online, setiap orang akan lebih mudah untuk berbelanja apa yang mereka butuhkan tanpa harus membuang banyak waktu untuk pergi ke toko.internet juga mempunyai keunggulan dapat menampilkan iklan sesuai dengan selera para pengguna. Bagi para penjual hal ini dapat menguntungkan karena dapat mempermudah dalam melakukan segmentasi target pelanggan.

Dampak dari Adanya internet
Dampak Positif
Dampak positif dari adanya internet antara lain:
a.   Sebagai media informasi
internet yang terhubung dengan internet memudahkan kita dalam memperoleh informasi.
b.    Sebagai media komunikasi
Hal ini jelas, di dalam internetkita dapat menuju ke sosial media yang bisa digunakan untuk chatting dengan keluarga dan teman yang berada jauh dari kita.
c.     Sebagai media belajar dan bermain
Kita dapat belajar melalui situs-situs tertentu yang mengandung pengetahuan untuk kita pelajari.
d.    Sebagai media transaksi
Seiring dengan perkembangan zaman, Internet dapat di gunakan sebagai media transaksi.
        Dampak Negatif
Dampak negatif dari adanya internet antara lain :
a.       Membuat seseorang menjadi malas
Hal ini biasanya dialami oleh para remaja. Jika sudah memegang gadget khususnya membuka situs internet, mereka akan kecanduan dan cenderung malas dalam melakukan segala macam kegiatan karena keasyikan dalam berkomunikasi dennngan teman dunia maya mereka.
b.      Membuat seseorang menjadi egois
Seseorang jika sudah memakai internet mereka tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya, sehingga kehidupan sosial mereka berkuarang. Tak jarang dari anak-anak sekarang jika bertemu dengan orang lain mereka lebih banyak membuka gadget daripada harus bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.
c.     Merusak tata bahasa yang benar
Dalam internet, tidak erdapat aturan baku dalam penggunaan bahasa. Mereka menggunakan bahasa dengan bahasa mereka sendiri yang kadang tidak sopan dan dapat menyinggung perasaan orang lain.
d.    Motivasi dan prestasi belajar siswa menurun
internet membuat para pelajar malas utuk belajar karena keasyikan bermain internet..Hal ini mungkin karena motivasi belajar siswa tersebut juga menjadi berkurang karena lebih mementingkan jejaring sosialnya daripada prestasi belajarnya sendiri.
e.     Menjadi lahan yang subur bagi para penjahat
Melalui perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat seseorang lebih mudah untuk melakukan ejahatan.

  Peran internet terhadap Perkembangan Perekonomian Masyarakat
internet , kita pasti sudah tidak asing lagi dengan internet. internet yang dulunya hanya digunkan untuk  chatting dan up date status dan foto, sekarang sudah banyak di manfaatkan untuk berbisnis. Salah satunya yaitu dengan berjualan online.Dengan adanya internet mereka dapat mempromosikan produksinya ke seluruh dunia.Setiap hari sebagian dari kita menggunakan internet, bahkan tidak hanya satu, entah untuk komunikasi, searching, ataupun memasarkan produksinya. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis online, karena mayoritas masyarakat menghabiskan waktunya untuk mengakses internet. Kesibukan masyarakat saat ini dipermudah dengan adanya online shop. dengan demikian, perekonomian masyarakat akan lebih terkendali.
Kemudahan berjualan online telah melahirkan banyak wiraswasta muda dengan kreatifitas yang berkembang.Bagi para penjual, dengan berkembangnya internet, akan memperluas pemasarannya, bahkan bisa sampai keluarnegeri. Dan untuk pembeli, dapat lebih mudah untuk berbelanja tanpa harus menggunakan banyak waktu untuk pergi belanja dan dapat lebih mudah membandingkan harga sesuai dengan uang kita.

3        PENUTUP
Simpulan
a.       internet banyak digunakan masyarakat untuk bisnis online karena pada zaman sekarang sudah banyak orang yang mengakses internet hamper setiap hari. Dengan demikian para penjual akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dan memperluas wilayah pemasarannya.
b.      Dampak positif dari adanya internet antara lain:
1)   Sebagai media informasi
2)   Sebagai media komunikasi
3)   Sebagai media belajar dan bermain
4)   Sebagai media transaksi
Dampak negatif dari adanya internet antara lain :
1)   membuat seseorang menjadi malas
2)   Membuat seseorang enjadi egois
3)   Merusak tata bahasa yang benar
4)   Motivasi dan prestasi belajar siswa menurun
5)   Menjadi lahan yang subur bagi para penjahat
c.       internet berperan cukup besar bagi mereka yang berbisnis. Karena dengan adanya internet mereka dapat mempromosikan produksinya ke seluruh dunia. Setiap hari sebagian dri kita menggunakan internet, bahkan tidak hanya satu, entah untuk komunikasi ataupun memasarkan produksinya. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis online. dengan demikian, perekonomian masyarakat akan lebih terkendali.
   Saran
Dengan meningkatnya para pengguna Internet dan Ambisi Jokowi dalam menjadikan Indonesia menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar se ASEAN pada 2020. Maka diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam meningkatkan pengetahuan tentang internet khususnya pada bidang internet marketing seperti mengadakan seminar atau kurus sehingga para pengusaha dapat memahami seluk beluk internet serta mampu memasarkan produknaya dengan mudah didalam internet.


DAFTAR PUSTAKA


Novia ika setyani, PENGGUNAAN internet SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITASJurnal Komunikasi,hal.6

Azisulyagifari, Social Media dan Jejaring Sosial, jurnal sosial network daninternet, tekpuslog.blogspot.co.id/2015/09/jurnal-sosial-network-dan-media-sosial.html?m=1

Andri rifaldi, Pengertian Ekonomi Secara Umum Nya, Jurnal ekonomi, jurnalekonomi.blogspot.co.id/2015/10/Pengertian-Ekonomi-Secara-Umum-Nya.html?m=1,

Sora N, Mengenal Pengertian Ekonomi Kerakyatan Secara Lengkap, http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-ekonomi-kerakyatan.html, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.40

                                                                                                                                                      
 La Moriansyah, Pemasaran Melalui internet: Antecedents dan Consequences. https://jurnal.kominfo.go.id>download,

Elfan Rahardiyan K.Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya, jurnal.unair.ac.id/Pemanfaatan-Internet-dan-Dampaknya-Pada-Pelajar-Sekolah-Menengah-Atas-di-Surabaya-article-6687-media-136-category-8.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!