Rabu, 18 Juli 2018

Ingin menjadi pribadi yang menyenangkan???, pribadi yang dapat diterima oleh orang banyak?. INI SOLUSINYA









Pernahkah anda menemukan di sekitar anda, beberapa teman dapat diterima di berbagai lingkungan pergaulan?. Dia menjadi orang yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Dengannya, situasi komunikasi bisa menjadi efektif dan menyenangkan, kondisi menjadi nyaman, suasana mencair dengan interaksi yang semakin mudah.

Namun ada juga teman anda yang selalu menjadi pokok perbincangan negatif di lingkungan. Aura konflik selalu muncul jika dia ada di sekitar kita. Gaya bicaranya provokatif dan cenderung menebar api dalam sekam. Nada komunikasinya tidak simpatik. Orang ini mungkin anda sebut sebagai pribadi yang kurang menyenangkan. Efeknya adalah terjadi penolakan lingkungan terhadapnya. Sehingga bisa jadi pribadi ini lebih suka sendiri. Bukan memang karena suka, tetapu lebih oleh penghindaran secara sengaja yang dilakukan oleh lingkungan. Karena lingkungan, memberikan apa yang didapatkan.

Menjadi pribadi yang menyenangkan lebih banyak akan memberikan nilai tambah pada sisi personalitas anda:
                                                                                                                                       
1.      Informasi dan wawasan

Dengan banyak bergaul dan diterima di berbagai lingkungan yang berbeda, memberikan anda lebih banyak informasi dan wawasan. Hal tersebut akan membuat anda menjadi pribadi yang komunikatif .

2.      Relatationship

Jaringan anda akan semakin meningkat luas. Anda akan lebih mudah mencapai tujuan, karena lingkungan siap memberikan dukungan yang lebih baik kepada anda.

3.      Adaptasi :

Pergaulan anda yang luas akan menjadikan anda mampu mengenali beragam karakter dan sifat manusia.  Anda akan belajar menempatkan diri dalam berbagai situasi dan kondisi. Manusia yang pandai akan menempatkan diri akan mudah belajar tentang sesuatu yang baru , serta melakukan perubahan terhadapnya dengan segera. Maka dia akan menjadi pribadi yang diuntungkan oleh adanya perubahan dan bukan menjadi kroban perubahan.

Dalam setiap kesempatan, banyak yang pesimis untuk menjadi pribadi yang menyenangkan. Mereka berasumsi bahwa pribadi yang menyenangkan itu hanyalah nilai yang dilekatkan oleh lingkungan. Kita tinggal menjalani saja. Ketika dibilang menyenanika gkan maka harus disyukuri. Bila sebaliknya, maka anda bilang “ siapa peduli”. Bisa jadi lebih karena anda tidak merasa dirugikan eoleh sikap tersebut.

“Pribadi yang menyenangkan akan selalu nampak menyenangkan walaupun dia masuk dalam lingkungan yang tidak menyenangkan”

Nah, inilah maksud daeri semua itu. Bahwa meskipun penilaian itu milik lingkungan, namun konsistensi anda untuk mampu menciptakan situasi komunikasi yang menyenangkan adalah hal yang tidak bisa dinilai oleh siapapun. Meskipun dalam kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Pribadi inilah yang senantiasa mampu mempengaruhi lingkungan, dan bukan terpengaruh olehnya. Selalu menjadi subyek dalam setiap interaksi dan bukan hanya sebagai obyek.Kondisi ini membawa implikasi nyata,nahwa keberadaan dia di lingkungan sanagt dibutuhkan, karena maempu memberikan manfaat nyata.

“Pribadi yang menyenangkan selalu memilih untuk membawa solusi, daripada menyediaakan uang untuk permasaelahan.”

Setiap ada kesempatan, nilai positif selalu menjadi prioritas untuk dialirkan kepada orang-orang di sekitarnya. Senantiasa menyediakan ruang konsultatif dan memberikan pemevahan masalah. Pribadi ini juga meluangkan waktunya untuk lebih banyak mendengar keluhan, ide, dan gagasan. Kemudian, dengan cermat melihat celah potensi terhadap apa yang didengarnya. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk keuntungan semata, namun bagaimana agar lingkungan turut merasakan dan mendukung.

“Pribadi yang menyenangkan, menempatkan kritis sebagai sesuatu yang tidak tabu untuk divicarakan.”

Dia adalah pribadi yang membuat kritik sebagai obat yang manis untuk diminum. Pengelolaan komunikasi yang tidak mendiskreditkan, melihat kelemahan sebagai hal yang wajr untuk diperbaiki, dan bukan untuk menjadi bahan olok-olokan. Potensi inilah yang membuat dia dipercaya oleh orang-orang  sebagai sumber motivasi. Kesadaran akan pentingnya orang lain membuat seharusnya kita berkembang bersama menjadi insan yang lebih baik.

Kesimpulan :

Teman-teman, akan menjadi lebih bermakna jika kita mampu membuat lingkungan menjadi tempat yang nyaman untuk saling berinteraksi dan mengembangkan diri. Selalu bisa menumbuhkan motivasi untuk menjadi lebih baik. Siapkan diri anda menjadi pribadi yang menyenangkan. Cermati dampaknya. Mungkin saja anda bisa mengubah dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DON'T RUSUH!